#Osaka Travel: Essential Tips in Planning Your Universal Studio Japan Trip

Wednesday, August 9, 2017



Universal Studio Japan - Osaka, adalah salah satu tujuan impian anak-anak saya, dan secara diam-diam juga Ibunya hahaha.. You see I am still a kid at heart, I love theme parks. There is always something magical about theme parks and especially this one as it is where The Wizarding World of Harry Potter is. Yes, Mama is also a Potterhead and she is super super excited for this trip. 😁



Sebagai salah satu theme park dengan pengunjung tertinggi di Asia, USJ memiliki berbagai wahana dengan tema populer yang banyak digemari anak-anak maupun orang dewasa.  Inilah mengapa USJ tidak pernah kekurangan pengunjung, walaupun hujan badai sekali pun, seperti ketika kami mengunjunginya. Sudah bisa ditebak, wahana yang paling populer dan juga yang menjadi alasan utama saya dan anak -anak pergi ke USJ adalah The Wizarding World of Harry Potter.  Sebagai 'rumah' bagi Harry Potter di Asia, wahana ini paling banyak menyedot pengunjung baik lokal maupun wisatawan dari luar Jepang.  Begitu juga dengan Minion Park, sebuah area yang baru saja diresmikan pada musim panas 2017 ini. Tidak ketinggalan musim panas ini Universal Jump Summer menampilkan atraksi dan wahana dengan tema lokal seperti One Piece, Jojo's, Gitama dan Dragon Ball.




Agar dapat menikmati permainan dan fasilitas di USJ secara maksimal, perencanaan yang baik sangat diperlukan. Walaupun menurut saya untuk menikmati seluruh permainan di USJ, akan dibutuhkan lebih dari satu hari. Tapi tentunya tidak semua orang punya waktu atau budget untuk menikmati USJ selama dua hari. Jadi tips saya kali ini adalah untuk kebanyakan orang pada umumnya, seperti saya, yang hanya punya budget dan waktu untuk menikmati USJ dalam satu hari. Berikut adalah tips-tips dalam mempersiapkan kunjungan kamu ke USJ:

1. Set your date
Setelah punya tiket pesawat dan tau kapan akan pergi ke Jepang, tentukan tanggal dan hari kunjungan ke USJ. Walaupun USJ tidak pernah sepi selama 7 hari dalam seminggu. Memilih hari di tengah minggu, seperti Rabu atau Kamis akan lebih baik dari pada memilih hari-hari diakhir minggu seperti Jumat, Sabtu dan Minggu. Biasanya hari-hari di tengah minggu, akan lebih sepi pengunjung. Untuk melihat perkiraan keramaian pengunjung USJ, kamu bisa lihat di wesbite ini http://www15.plala.or.jp/gcap/usj/. Websitenya berbahasa Jepang, tapi cukup mudah untuk dimengerti. Pada tanggal yang berwarna hijau adalah tanggal yang bisa di bilang sepi pengunjung, kuning sedang dan merah ramai. Biasanya tanggal-tanggal yang hijau berada di tengah minggu. Sebaiknya kamu punya beberapa tanggal pilihan, karena ada beberapa faktor lagi yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan hari kunjungan ke USJ.

2. Wheatear Forecast
Jangan lupa juga cek ramalan cuaca pada hari-hari pilihan kamu. Ketika saya menentukan tanggal kemarin, saya lupa cek ramalan cuaca. Ketika tiba di USJ baru kami sadari, ramalan cuaca hari itu adalah rain with a chance of storm. But, it turned out to be a blessing in disguise. Hari itu pengunjung tidak begitu ramai, antrian di setiap permainan juga pendek tidak pernah lebih dari 1,5 jam. Padahal kalau saat pengunjung ramai, antrian pada permainan-permainan populer bisa mencapai 3 jam atau lebih. Yang paling menguntungkan, TWWOHP yang biasanya hanya boleh diakses pada waktu-waktu yang telah ditentukan, hari itu bebas dibuka sepanjang hari. Jadi kami bebas 'bulak balik' setiap saat kami mau. Tapi karena kami tidak siap dengan cuaca hari itu, maka kami harus  membeli jas hujan dan payung di USJ yang harganya tentunya lebih tinggi di banding jika membeli di luar sebelumnya. Jadi persiapkan pekaian kamu sesuai dengan cuaca hari kunjunganmu. Panas dan hujan, bawalah payung, jas hujan, baju ganti dan pakailah sendal karet. Musim dingin siapkan syal, sarung tangan topi dan lainnya,  karena kamu akan banyak mengantri di tempat terbuka.

3. Buy your Tickets
Setelah menentukan tanggal kunjungan, sekarang adalah saatnya kamu membeli tiket. Membeli tiket bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa beli langsung di website USJ atau beli online pada partner mereka seperti Voyagin dan Klook. Selain itu USJ juga bekerjasama dengan beberapa travel agent lokal, dimana kamu bisa membeli tiket USJ di Indonesia. List travel agent lokal dapat kamu lihat di website USJ. Tiket masuk USJ sebenarnya merupakan open tiket dengan jangka waktu sekitar 6 bulan, jadi kamu memilih hari dan memakainya kapan saja, dalam periode tanggal yang di berikan. Tapi merubah tanggal tidak bisa sembarang dilakukan, terutama jika kamu sudah membeli Express Pass, karena untuk membeli Express Pass kamu harus menentukan tanggal kedatangan.

4. Express Pass
Banyak yang tanya, penting nggak sih beli Express Pass? Bisa iya, bisa tidak. Semuanya tergantung dengan bujet yang kamu miliki. Harga EP tidak murah, bahkan bisa lebih mahal dari harga tiket masuk USJ itu sendiri. Harga tiket orang dewasa dan anak-anak sama. Tidak seperti tiket masuk USJ yang membedakan harga anak dan dewasa. Express Pass juga terdiri dari beberapa jenis. Ada yang untuk 3, 4 dan 7 wahana, setiap jenis tiket menawarkan komposisi wahana yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda. Biasanya mayoritas pengunjung membeli tiket yang sudah termasuk Timed Entry ke TWWOHP, plus EP untuk wahana Harry Potter and The Forbiden Journey 4K3D, yang hanya ada di EP 4 atau 7. Pembeliannya tidak bisa dilakukan di website USJ yang English version.  Untuk pembelian online bisa dilalukan di partner-partner USJ seperti Klook.com dan Voyagin.com atau pada website USJ yang versi Jepang. Pilihan berikutnya adalah membeli langsung di USJ. Tapi saya sangat tidak menyarankan untuk membeli langsung pada hari kedatangan, karena besar kemungkinan quota EP untuk hari itu sudah habis. Setiap harinya jumlah EP yang dijual dibatasi demi kenyamanan dalam mengantri di jalur EP. Oleh karena itu sebaiknya kamu membeli EP secara online, jauh hari sebelumnya agar dapat hari yang kamu inginkan.


Pada kunjungan kami kemarin, kami membeli Express Pass Standard 4,yang kami beli di klook.com. Permainan yang termasuk dalam EP Standard 4 adalah:

A: Harry Potter and the Forbidden Journey™ in 4K3D
B: Despicable Me Minion Mayhem
C: The Amazing Adventures of Spider-Man - The Ride 4K3D OR Hollywood Dream – The Ride
D: JAWS® OR Terminator 2:3-D® OR Backdraft®

Menurut saya EP standard 4 ini sudah sangat membantu kami menghemat waktu, sehingga hampir semua permainan yang kami inginkan selesai sebelum USJ tutup. Saat itu kami pun masih bisa menghabiskan beberapa jam terakhir di TWWOHP dan menonton Dementor Night Show.

Nah bagaimana dengan yang tidak punya budget untuk beli Express Pass? Tunggu blog post saya berikutnya ya, untuk trik memaksimalkan kunjungan ke USJ tanpa Express Pass.

Read More: Tips & Hacks to Enjoy Universal Studio Without Express Pass

5. Plan your stays
Rencanakan dimana kamu akan tinggal, ini penting karena USJ cukup jauh dari pusat kota Osaka. Diperlukan sekitar 30 - 45 menit perjalanan menggunakan kereta dari tengah kota ke USJ. Biasanya 1 jam sebelum pintu USJ dibuka Antrian akan sudah panjang. Untuk orang tua dengan dua anak seperti saya paling effisien adalah menginap di area sekitar USJ. Jadi kemarin kami pun menginap di Hotel Keihan Universal Tower. Jika menginap di hotel sekitar USJ tidak memungkinkan bagi kamu, sebaiknya rencanakan waktu dan rute perjalanan dengan sebaik-baiknya sehingga kamu bisa tiba di USJ paling tidak 1 jam sebelum pintu dibuka.

6. Plan of attack
Yang tidak kalah pentingnya sebelum hari kunjungan ke USJ,  adalah mengatur strategi.  Ya, atur strategi macam orang mau perang hahahaha.. Peta USJ bisa di download di website mereka atau ketika kamu datang mintalah peta bahasa Inggeris dibagian informasi. Rencanakan urutan wahana yang ingin kamu kunjungi. Pilih dari yang paling populer dan ramai pengunjungnya, lakukan wahana ini paling pertama. Pengunjung yang sudah mengantri pagi-pagi di USJ sebagian besar adalah pengunjung kategori fanatik, begitu pintu dibuka dan tiket mereka di scan, mereka akan lari sekencang-kencangnya menuju wahana yang mereka incar. Biasanya sebagian besar dari mereka, juga temasuk kami langsung menuju TWWOHP. Kami yang tidak merencanakan untuk lari, jadi ikut berlari-lari kecil melihat semua orang berlari 😄.
Studio Map
Jika kamu membeli Express Pass dan sudah punya timed entry ke TWWOHP, maka sebaiknya langsung menuju ke wahana lain yang tidak termasuk dalam list Express Pass kamu. Di pagi hari antrian pada wahana-wahana tersebut akan lebih pendek.

Itulah beberapa tips dalam merencanakan perjalanan ke USJ sesuai pengalaman saya pada bulan Juli 2017 kemarin. Even though the weather forecast was not favourable, there were many blessing in disguise through out the day. Karena perkiraan cuaca hari itu hujan dan badai, pengunjung USJ cenderung sepi, antrian tidak panjang, udara juga tidak terlalu panas karena mendung sepanjang hari. Well, whatever the weather is, I believe we will always have a great time at USJ. We are truly grateful that we could finally set our foot on USJ and see TWWOHP. 

Terima kasih telah mampir dan baca blog saya hari ini, jika masih ada pertanyaan tentang kunjungan saya ke USJ atau jika kamu punya tips tambahan, silahkan tinggalkan comment di bawah. Jangan lupa follow blog saya untuk tips USJ berikutnya dan juga blog post lain tentang perjalanan kami di
Osaka dan Kyoto.

Until next time ;)
xoxo,






No comments :

Post a comment