#Osaka Travel: Tips & Hacks to Enjoy Universal Studio Japan Without Express Pass

Friday, August 11, 2017


Nggak mampu atau nggak rela beli Express Pass di Universal Studio Japan? No worries it's not the end of the world and for sure you are not the only one. Kamu bisa kok menikmati USJ tanpa Express Pass. Caranya? Dengan menggunakan beberapa trik berikut ini. Tapi, sebelum menggunakan trik-trik di bawah ini, rencanakan dengan baik kunjungan kamu ke USJ dengan beberapa tips saya di blog post sebelumnya.

1. Early Bird
USJ buka sekitar pukul 8.30 - 9.30 pagi, opening time bisa berubah-ubah. Jadi pastikan dan cek jadwal opening time di website USJ. Datanglah lebih pagi, sekitar jam 6-7 pagi dan antrilah di depan pintu masuk. Bawa makanan agar kamu bisa makan pagi selagi mengantri. Ketika pintu dibuka lari sekencang kencangnya ke wahana yang paling ramai dan banyak diminati. Jadi siapkan fisik dan pastikan kamu pakai sepatu yang nyaman untuk berlari dan jangan membawa tas yang berat. Tentunya berlari bukan asal berlari, ketika mengantri manfaatkan waktu untuk mengatur strategi, cermati Studio Map USJ, rencanakan urutan wahan yang akan kamu kunjungi.

2. VIP Wristband
VIP Wristband adalah tiket tambahan yang dapat kamu beli untuk dapat masuk USJ melalui pintu khusus. Kamu bisa membelinya di online partner USJ seperti Klook atau Voyagin. Harganya jauh lebih murah dari pada membeli Express Pass. Dengan lewat jalur VIP, kamu tidak perlu mengantri panjang-panjang sejak pagi hari. Sebagai pemegang VIP wristband kamu bisa menjadi salah satu pengunjung yang masuk lebih dulu ke USJ. Walaupun jarak waktunya tidak terlalu banyak dengan mereka yang masuk melalui jalur umum,  perbedaan waktu 15 menit saja akan sangant berarti. Dengan antrian yang lebih pendek dan jam masuk yang lebih awal, kamu akan dapat mengunjungi wahana-wahana yang mempunyai potensi antrian pajang, seperti The Wizarding World of Harry Potter, Hollywood Dreams, The Flying Dinosours dll.

3. Single Rider Line
Single Rider Line, adalah jalur antrian perorangan. Maksudnya jika kamu pergi dengan rombongan tidak boleh semuanya masuk secara bersamaan. Hanya satu orang dan kemudian diseling dengan orang lain yang bukan rombongan kamu dan seterusnya. Karena sebagian besar yang datang ke USJ adalah rombongan keluarga atau teman, jalur ini bisa dibilang sepi. Orang Jepang bisasanya rela menganti ber jam-jam asal mereka bisa menikmati wahan bersama-sama. Hanya ada 5 wahana yang memiliki Single Rider Line, yaitu:

- JAWS
- Space Fantasy – The Ride
- The Amazing Adventures of Spider-Man – The Ride 4K3D
- Hollywood Dream – The Ride Backdrop
- Harry Potter and the Forbidden Journey

Untungnya kelima permainan tersebut merupakan permainan yang paling banyak diminati di USJ. Jika kamu tidak keberatan memakai SRL, kamu memprioritaskan wahana lain yang tidak memiliki jalur ini. Please keep in mind,  jalur ini tidak di buka setiap saat dan waktunya bukanya juga dapat berbeda -beda. Biasanya jalur ini baru di buka sore hari,  jadi kamu harus rajin-rajin cek kembali ke wahana-wahana tersebut atau bertanya kepada petugas, jam berapa jalur tersebut akan dibuka.





Itulah beberapa tips agar kamu bisa memaksimalkan kunjungan kamu ke USJ tanpa Express Pass. Simak juga beberapa tips tambahan pada video berikut ini. Agar tips-tips diatas semakin maksimal, sebaiknya kamu memilih tanggal yang tidak terlalu ramai pengunjung, biasanya pada hari Rabu dan Kamis atau pada hari-hari yang ramalan cuacanya kurang baik.

Read More: Essential Tips in Planning Your Universal Studio Japan Trip 



Pada perjalanan saya ke USJ bulan Juli 2017 lalu, saya menggunakan Express Pass. Berhubung saya bawa dua anak menjelang ABG, daripada denger keluh kesah bikin nggak asik, saya rela deh merogoh kantong lebih dalam buat beli Express Pass demi ketenangan hati dan pikiran. Tapi setelah saya menjalani semuanya, saya baru menyadari bahwa sangat mungkin menikmati USJ tanpa Express Pass, jika persiapannya matang dan menggunakan kombinasi trik-trik diastas. Seandainya saya tidak pergi bersama anak-anak, kemungkinan besar saya tidak akan beli Express Pass. Buat emak-emak seperti saya lebih baik uangnya buat belanja kosmetik Jepang 😜.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu menikmati USJ tanpa harus membeli Express Pass. Kalau kamu ada pertanyaan atau mungkin punya tips tambahan, silahkan meninggalkan comment di bawah. Thank you for reading my blog and I hope you will have a great time at your next USJ trip!

Until next time ;)
xoxo,






4 comments :

  1. Halo mbak Karina salam kenal yach 😊 Waaaahhh asyik banget jalan2 sama anak ABG hehe oh ternyata tiap wahana tuh beda2 ya jam nya ada jalur tertentu di mana kita mesti rajin update biar ga kecolongan waktu hehehe... iya ya mendingan beli kosmetik Jepang kalo jalan2nya sendirian ..hemat hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nurul, salam kenal juga. Terima kasih udah mampir... iya bener harus bikin rencana yang matang kl mau hemat.. biar uang lebihnya bisa buat belanja kosmetik hihihi

      Delete
  2. emang butuh tips and trik khusus yaa mba untuk menaklukkan USJ ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lia, iya bener.. kalau perencanaan matang bisa lebih hemat dan bisa nikmatin USJ dengan happy :)

      Thanks ya udah mampir!

      Delete