Japanese Cosmetics & Skincare: Drugstore Beauty Haul | Part 1

Tuesday, August 22, 2017




Salah satu hal yang membuat saya excited banget pergi ke Jepang adalah: Belanja kosmetik! Yes, as you know from my previous post, drugstore cosmetics is one of my weakness when traveling. Apalagi ketemu drugstore di Jepang, saya sudah macam anak kecil ketemu toko permen, semua mau dicoba dan dibeli πŸ˜„.


Trip ke Jepang bulan Juli yang lalu adalah trip ke dua saya ke negeri sakura ini. Kali ini saya pergi pada musim panas. Biasanya setiap musim beberapa produk kosmetik akan mengeluarkan special edition yang hanya di jual pada musim tersebut. Nah kan, makin semangat deh saya mejajal drugstore-drugtore yang bertebaran disetiap pojok jalan.

Belajar dari kesalahan tahun lalu, dimana saya sering kebingungan dan menghabiskan waktu berjam-jam di drugstore, kali ini saya melakukan persiapan yang lebih matang. Selain melakukan riset tentang tempat wisata dan restaurant yang akan kami kunjungi, saya secara pribadi melakukan riset tentang kosmetik apa yang akan saya beli disana. Saya melakukan riset dengan membaca review di blog-blog semacam ini dan stalking toko-toko yang menjual produk-produk kosmetik Jepang di Instagram.

Important Tips 1:  Jika kamu menemukan produk yang ingin kamu beli, foto atau screenshot produk tersebut dengan handphone. Ketika kamu berada di Jepang, dari pada kebingungan mencari produk ini itu dan menghabisakan berjam-jam di dalam toko, tunjukan foto produk-produk tersebut kepada petugas toko dan mereka akan dengan senang hati membantu kamu mencari produk-produk tersebut. 

Nah, jika kamu ada waktu lebih, kamu bisa browsing around dan lihat produk-produk lainnya. Bingung karena semua produk bertulisan kanji? Jangan sedih.

Important Tips 2: Gunakan Mobile Google Transelate untuk menterjemahkan kalimat dalam tulisan jepang ke kalimat dalam bahasa Inggeris. Walaupun terjemahannya tidak sempurna, paling tidak kamu bisa mengetahui informasi dasar tentang produk tersebut. Misalnya apakah produk tersebut untuk wajah atau rambut, jenis varian atau warna dan informasi lainnya.
Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut ini adalah beberapa produk yang saya beli di drugstore Jepang. Sebagian besar adalah barang-barang yang sudah saya riset terlebih dahulu, beberapa ada yang merupakan re-purchase dan ada juga yang hasil impulse buying. πŸ˜†

FLOWFUSHI | ION de CUSHION [Best Buy]
Seriously this is the best cushion I have ever tried. Saya udah pernah mencoba beberapa cushion keluaran Korea dan Jepang, seringnya foundie dengan model cushion yang sedang tren ini tidak memiliki coverage yang tinggi dan tidak memiliki oil control yang baik, sehingga muka sering cepat kelihatan berminyak. Tapi cushion yang satu ini coverange nya OK banget and at the end of the day gak bikin muka macam kilang minyak. Selain itu cushion ini juga multi purpose. Bisa digunakan sebagai make up base, foundation, juga memiliki khasiat anti aging, ion protection dan UV gruard dengan SPF 32PA+++. Ada 2 varian yaitu Natural dan Cover. Untuk masing-masing varian ada dua shade yang dapat dipilih 01 Light Beige, untuk orang yang berkulit putih seperti orang Jepang, Korea dan Cina. Ada 02 Beige, untuk orang Asia yang memiliki warna kulit sedikit ke coklatan dengan yellow undertone. Produk yang saya beli adalah Cover dengan shade 02 Beige. Ion de Cushion ini di jual dengan harga sekitar 3,500 Yen. Menurut saya, untuk kualitas seperti ini, harga yang di bayarkan sangatlah murah. Apalagi dengan harga tersebut, kamu mendapat satu cushion refill dan satu sponge baru. 

CHACOTT FOR PROFESSIONAL | FINISHING POWDER [Best Buy]
Sebenarnya saya sudah lama diberi tau teman, bahwa bedak ini memiliki oil control yang sangat bagus. Bahkan dalam cuaca musim panas di Jepang pun, bedak ini dapat menahan minyak hampir selama 8 jam. Konon bedak ini dibuat untuk konsumsi penari balet professional, yang berguna melindungi make up penari dari keringat selama pertunjukan. Setelah saya mencobanya, ternyata memang bedak ini sangat bagus. Bisa dipakai sebagai finishing powder setelah foundie untuk make up yang lebih tebal, maupun dipakai sendiri setelah suncreen untuk pemakaian sehari-hari yang lebih ringan. Jika dipakai sendiri tanpa foundie, coverage-nya minim sekali. Tapi jika digabungkan dengan pemakainan foundation hasilnya akan lebih maksimal. Beberapa waktu yang lalu saya menggabungkan pemakaian Ion de Cushion dengan finishing powder Chacott ini. Hasilnya tidak hanya wajah yang mulus dan pori-pori yang 'mingkem' rapet. Wajah saya pun shine free selama pesta tanpa touch up. Di foto pun wajah saya terlihat mulus dan tanpa white cast. Finishing powder ini juga memiliki beberapa varian yaitu Clear, Natural, Ocre dan Pearl Lame. Saya memilih 764 Ocre-shade 01, karena varian ini memberi hasil matte. Harga finishing powder dengan berat isi 30 gram ini adalah sekitar 1,200 Yen. Dengan pemakainan yang sedikit saja dan bedak ini dapat menahan minyak seharian. Perlu diperhatikan, puff untuk bedak ini di jual terpisah, jadi tidak termasuk di dalam kemasan bedaknya.

FLOWFUSHI | AREA FOUNDY
Area Foundy adalah foundation yang digunakan pada area-area tertentu di wajah. Ia memiliki beberapa fungsi sekaligus, yaitu sebagai concealer, sebagai highlighter dan sebagai foundation. Kemasannya sangat menarik dan praktis, disatu sisi terdapat tempat foundation dengan wand applicator, di satu sisinya lagi terdapat brush yang dapat di tarik keluar untuk meratakan foundation pada wajah. Kemasannya yang cantik ini sangat praktis untuk di bawa traveling, karena tidak menghabiskan tempat, dan kamu pun tidak perlu membawa brush tambahan. Menurut saya keunggulan utama dari produk ini adalah sebagai highlighter dan concealer untuk area di bawah mata. Seperti halnya Ion de Cushion, Area Foundy juga terdiri dari dua varian dan dua shade. Natural dan Cover, 01 Light Beige dan 02 Beige. Untuk kulit saya yang medium dengan yellow undertone, saya memilih varian Cover,dan warna 02 Beige.

SHISEIDO | BABY POWDER (PRESSED & MEDICATED)
Ini sebenarnya diluar daftar belanja saya. Saya beli bedak ini karena ikut-ikut teman saya yang menitip bedak ini. Karena harganya murah banget saya jadi ikutan beli. Harganya sekitar 300 Yen atau sekitar 30.000 rupiah, kemasannya besar dan sudah termasuk puff nya. Bedak ini adalah bedak bayi yang di pressed sehingga tidak berantakan dan  mudah dibawa dalam tas saat berpergian. Awalnya Shiseido membuat bedak ini untuk kulit bayi yang sensitif terhadap bedak bayi biasa. Tapi akhirnya bedak ini sering digunakan oleh orang dewasa untuk finishing powder atau blotting powder penahan dan penghilang minyak di wajah. Setelah mencobanya, menurut saya bedak ini enak banget untuk dipakai sehari-hari. Terutama ketika sedang buru-buru dipagi hari atau hanya untuk keluar rumah sebentar, seperti ke supermarket atau hanya antar anak sekolah.. hehehe maklum emak-emak contohnya ya begitu 😜deh.. πŸ˜„ Anyway ,coverange-nya sih gak ada, jadi bedaknya translucent, hanya saja karena menahan minyak, wajah jadi terlihat rapi setelah memakai bedak ini. Oil control nya juga lumayan bagus, bisa bertahan sekitar 3-4 jam sebelum membutuhkan touch up lagi. Awal pemakaian akan terlihat sedikit putih di wajah, tetapi setelah beberapa menit, bedak akan menyatu di wajah. Akhir-akhir ini, bedak ini sering menjadi pilihan saya di pagi hari ketika hanya punya waktu yang singkat. 

KISS ME BY ISEHAN | HEROINE MAKE LONG AND CURL MASCARA SUPER WATERPROOF
Maskara Heroine Make ini tetap berada di urutan no.1 di list make up favourite saya. Ini adalah mascara waterproof yang paling bagus yang pernah saya coba. Sudah dibuktikan dalam berbagai situasi, mulai dari hujan badai, nangis lebay nonton Drakor sampai berjemur di pantai dan berenang, maskara ini tidak luntur sedikit pun. Ini adalah maskara ke tiga yang saya beli. Dengan formula barunya, sekarang maskara ini lebih mudah dibersihkan. Keunggulan berikutnya, adalah maskara ini dapat membuat bulu mata lentik maksimal dan tampak terlihat lebih tebal. Sudah dua tahun ini saya gak pindah kelain hati deh dari yang satu ini.

SANA | NEW BORN LASTING W BROW EX
Baru beberapa tahun terakhir ini saya perduli dengan alis saya. Biasanya alis, akan saya biarkan begitu saja tanpa pakai apa-apa, karena memang sudah tebal. Dengan bertambahnya usia, baru saya sadari alis saya tidak setebal dulu dan mulai ada beberapa blank patch yang membuat bentuk alis saya jauh berbeda antara kiri dan kanan. Karena saya tidak suka alis yang terlalu tebal dan 'kereng', makanya saya masih takut untuk melakukan sulam alis. Jadilah pensil alis adalah alat make up wajib bagi saya sekarang. Berbagai produk mempertebal alis sudah saya coba, dari yang bentuk powder, ink, pensil dan lainnya. Pada akhirnya saya paling suka adalah yang berbentuk powder dan ink. Nah kebetulan banget saya nemu pensil alis yang menggabungkan keduanya di dalam satu kemasan. Lansung lah ya, saya cemplungin ke kantong belanjaan. Saya suka pensil alis yang berbentuk ink, karena biasanya dengan aplikator yang tipis seperti eyeliner, akan lebih presisi membentuk sudut dan ekor alis. Sementara untuk bagian depan alis, saya menggunakan yang berbentuk powder untuk mengisi bagian-bagian alis yang kosong sehingga terlihat rata dan natural.

BROWLAH EX | EYEBROW COAT 
Nah ini dia satu lagi produk yang dibeli diluar rencana. Begitu liat langsung pengen karena sering banget tuh alis hilang ditengah hari entah kemana. Cairan kecil ini kegunaannya adalah untuk melindungi pensil alis yang telah diaplikasikan. Bentuknya mirip seperti top coat nail polish, aplikatornya juga sama dengan aplikator nail polish yang berbentuk brush kecil. Cukup disapukan satu-dua kali dan biarkan kering. Setelah itu, dijamin alis kamu akan tahan badai walaupun di pakai berenang sekalipun. Belum pernah coba sampai dipakai berenang sih.. tapi kalau dipakai seharian dari pagi sampai sore di udara panas Jakarta ini, sudah terbukti ampuh. Alis saya tetap cetar membahana dari pagi sampai sore πŸ‘

MICHE BLOOMIN | DREAM LASHES - NO.01 PURE RICH
Ini bulu mata palsu paling enak dan paling ringan yang pernah saya pakai. Ini adalah box ke tiga yang saya miliki. Bulu mata palsu ini sangat ringan, sehingga ketika di pakai sama sekali tidak terasa memakai bulu mata palsu. Hasilnya pun sangat natural, terlihat seperti bulu mata asli. Tersedia dalam berbagai macam varian bentuk, untuk berbagai hasil yang diinginkan. Harganya sekita 1,500 Yen. per box nya dengan isi empat pasang bulu mata sintetis. Karena biasanya saya memakai bulu mata palsu hanya pada saat pesta, maka saya memilih yang agak panjang dan tebal. Untuk memberikan kesan yang lebih dramatis saya memilih yang ujungnya sedikit lebih panjang dari bagian lainnya. Apakah saya akan membeli bulu mata ini lagi. Pasti! Kalau enak seperti ini rasanya ingin setiap hari pakai 'bulmat'. Tapi berhubung belinya jauh.. di hemat-hemat lah ya.. 😁

Itulah beberapa produk kosmetik hasil 'jarahan' saya di happy place saya di Jepang. Over all saya sangat menggemari produk-produk kosmetik dan skincare dari Jepang,  karena sangat innovative dan cenderung user friendly dan bahan-bahan dasarnya pun cenderung lebih aman dan environment friendly dibanding produk-produk kosmetik barat pada umumnya.

Sekian dulu untuk Part 1 dari Japan Beauty Haul saya, tunggu postingan Part 2 untuk produk-produk skincare yang saya beli di Jepang. Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya hari ini, jika ada pertanyaan ataupun sharing pengalaman kamu tentang produk-produk diatas. Silahkan tinggalkan comment dibawah ya...


See you in my next post. Until next time ;)
xoxo,







6 comments :

  1. Duuh ngiler nih liat produk2nya hehe apalagi cushion sama bedak taburnya itu lhooo. Btw salam kenal yaa~~

    apaceritatami.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tami, thank you ya udah mampir.. iya emang bikin kalap itu barang-barang di Jepang. Sebagian bisa PO atau beli online di seller IG dr Indonesia kok. Tapi tentunya harganya jauh lebih mahal.. hehehe tapi untuk dua produk tersebut worth to try banget kok :) Salam kenal juga.. :)

      Delete
  2. Jepang sepertinya negara yang bagus yah kak untuk berburu kosmetik. Hehe. Ntar kalo ada rejeki mau main kesana bangeeeet :)
    Makasiiih infonya kak. Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Suryani, salam kenal juga. Thanks udah mampir balik ke blog ku. Iya nabung deh.. sekarang banyak kok penerbangan murah dari Air Asia ke Jepang. Selamat menabung :)

      Delete
  3. mupeng banget dan sepertinya cushionnya bagus bingits
    renacan november mau kesana juga dan mungkin akan mencari cushionnya
    btw tips nya membantu banget :)

    talkingwithbeki.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bethari, salam kenal.. iya itu cushionnya bagus banget. Sering sold out disana, jadi begitu liat langsung ambil nanti yaa...

      Thanks udah mampir!

      Delete